Kemarin, Daihatsu mengumumkan secara resmi recall yang dilakukan untuk 2 jenis mobilnya yaitu Daihatsu Gran Max dan Daihatsu Sirion. Program ini dilaksanakan berdasarkan hasil evaluasi Daihatsu Motor Company (DMC), Jepang, pada salah satu bagian part kendaraan Daihatsu Gran Max dan Sirion.
Untuk Daihatsu Gran Max, terdapat kemungkinan munculnya potensi keretakan pada bagian dudukan ban cadangan yang terletak pada bagian belakang bawah kendaraan. Meski begitu, hal ini tergantung usia pemakaian kendaraan dan kondisi jalan yang dilalui. Pada kondisi terburuk, dudukan ban akan terjatuh dan membahayakan pengemudi lain.
Untuk Daihatsu Gran Max, terdapat kemungkinan munculnya potensi keretakan pada bagian dudukan ban cadangan yang terletak pada bagian belakang bawah kendaraan. Meski begitu, hal ini tergantung usia pemakaian kendaraan dan kondisi jalan yang dilalui. Pada kondisi terburuk, dudukan ban akan terjatuh dan membahayakan pengemudi lain.
Sedangkan untuk Daihatsu Sirion, hasil pengecekan DMC menemukan tetesan air yang keluar dari selang pembuangan air AC menetes dan mengenai bagian steering rack. Kondisi ini dapat menimbulkan karat dan dalam kondisi terburuk, fungsi steering rack akan terganggu.
Dalam recall kali ini, Daihatsu akan memanggil sedikitnya 36998 unit Gran Max Pick UP (GM PU) produksi tahun 2007- 15 Oktober 2010 dan 11715 unit Gran Max Mini Bus (GM MB) dan Blind Van (GM BV) produksi tahun 2007-23 Oktober 2008. Gran Max akan melakukan penggantian komponen dudukan ban cadangan secara gratis dan membutuhkan waktu sekitar 60 menit.
Untuk Daihatsu Sirion, Daihatsu merecall sedikitnya 3227 unit untuk mobil lansiran Januari 2008- Maret 2011. Daihatsu akan mengganti selang pembuangan air AC dengan part improvement sehingga tetesan air AC tidak mengenai steering rack. Perbaikan memerlukan lebih cepat 10 menit dibandingkan perbaikan Gran Max, yaitu 50 menit.
Untuk Daihatsu Sirion, Daihatsu merecall sedikitnya 3227 unit untuk mobil lansiran Januari 2008- Maret 2011. Daihatsu akan mengganti selang pembuangan air AC dengan part improvement sehingga tetesan air AC tidak mengenai steering rack. Perbaikan memerlukan lebih cepat 10 menit dibandingkan perbaikan Gran Max, yaitu 50 menit.
"Pemilik kendaraan Daihatsu yang terlibat dalam recall ini cukup menghubungi Daihatsu Access dengan nomor telp (No Area) 500898 untuk mengatur jadwal pemeriksaan ke bengkel terdekat dan tidak akan dikenakan biaya untuk pemeriksaan maupun penggantian part recall tersebut. Program ini akan berlangsung selama 1 tahun sejak tanggal 29 Mei 2012 hingga 28 Mei 2013" tutup Ahmad Syaufi, Technical Service Division Head PT. Astra Daihatsu Motor dalam siaran pers yang diterima.



Tidak ada komentar:
Posting Komentar